BIBIT ALPUKAT HASS

















Buah sekarang itu mirip masakan, perpaduan dari berbagai bumbu yang membuatnya nikmat. Namun buah dicampur lewat upaya pemuliaannya atau silangan, baik silangan alam maupun upaya manusia. Bayangkan kalau puluhan atau ratusan silangan pilihan dilakukan, padahal itu terdiri darI buah-buah seleksi yang lezat dari seluruh dunia, apa nggak jadi lezat banget? Misal kayak buah ALPUKAT HASS ini yang dipilih karena tuntutan pasar.
Awalnya para ahli gizi pingin menemukan buah yang mampu mengganti cemilan, untuk tujuan diet. Secara tidak sengaja mereka menemukan buah alpukat sebagai super food yang mengenyangkan. Alpukat punya segudang manfaat. Bahkan ada mitos sejak dulu sebagai buah yang mampu menaikkan gairah libido sexual sekaligus pria dan wanita….itu karena kandungan lengkap B6 dan kaliumnya….
Sayangnya alpukat yang dikembangkan produsen alpukat dunia kebanyakan adalah alpukat komersiil untuk tujuan buah yang berukuran besar dengan rasa manis dan kandungan lemaknya yang tinggi. Seperti alpukat jumbo Hawaii. Yang Ini justru menjadi paradox dan membuat takut pediet karena akan membuatnya bertambah gemuk? Benarkah? Nggak lah, alpukat itu termasuk dalam famili berry dan mengkonsumsi alpukat 200 gram perhari saja telah terbukti tidak akan meningkatkan bobot tubuh. Sebab lemak alpukat adalah jenis yang menyehatkan, yaitu asam lemak tak jenuh yang justru dapat membantu menurunkan kolesterol.
Australia sebagai produsen pun langsung menjawab tantangan atas temuan tersebut dengan mengebunkan secara besar-besaran buah Alpukat Hass “super pulen” yang kecil mungil, meski teksturnya padat dan gemuk. Tidak manis namun lezat banget. Gurihnya kaya rasa, lembut menyisakan remahan-remahan mirip roti, karena kandungan airnya memang sedikit. Warna daging buahnyapun begitu menggoda, bila dilumat langsung lumer di rongga-rongga mulut, muncrat pelan-pelan bak mentega dan ketika ditelan malah lengket di tenggorokan sehingga rasa lezatnya bisa bertahan lama. Betul-betul lazissss….
Di Australia sendiri buah ini terkenal sebagai buah jatuhan dari Surga, saking enaknya. Dan termasuk dalam deretan buah termahal di dunia. Nggak aneh dalam setiap olahan alpukal, para chief bertaraf internasional selalu merekomendasikannya……
Kerennya lagi, kalau Anda mau repot-repot menanamnya. Meski buahnya sudah tua tapi bisa bertahan berbulan-bulan di pohonnya……kayak punya gudang alpukat yang nggak habis-habis….ja

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Catat Ulasan